Ada Apa dengan Jumat Kliwon??

Mungkin bagi kita semua hari sama saja, tapi ada banyak orang yang masih ‘mengkeramatkan’ hari jumat kliwon. Aneh memang di era yang sudah modern ini masih banyak orang yang mempercayai hal-hal seperti itu.
Contoh riil adalah di lingkungan saya sendiri, hari jumat ini saya dan ibu saya pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan dapur. Kami naik bus menuju pasar, kami menunggu bus lumayan lama padahal biasanya angkutan yang satu ini banyak berwara-wiri di jalan. Akhirnya setelah menunggu sampai kaki gempor dan kepala kepanasan kami mendpat bus juga.

Tiba di pasar saya sempat heran, kok sepi ya? Sederet kios tutup dan hanya terdapat beberapa penjual. Kami mencari kios yang sudah menjadi langganan kami dan sama saja hasilnya, tuup. Setelah berkeliling pasar kami menemukan satu kios yang masih buka dan kami sempat bertanya “mbak kok pasar sepi ya? Banyak yang tutup”, pedagang itu menjawab “kliwonan mbak, sekarang kan jumat kliwon jadi pada tutup”, kami bertanya lagi “mbak kok gak ikut tutup?” dengan tegas pedagang itu menjawab “kalo kami lillahi ta’ala saja mbak jualanya, tapi alhamdulillah ada untungnya juga karena banyak yang tutup kios kami jadi ramai”.

Betul juga kata pedagang itu, lagian semua hari diciptakan sama. Ibuku pernah bilang hari yang bagus adalah hari jumat, itu hari raya kita. Hmmm tapi kenyataanya pada masyarakat kita lain.

Pulang dari pasar saya pergi ke kebun buat nyabut singkong sama ambil kelapa. Di kebun saya bertemu dengan ibu-ibu yang sedang menggendong anaknya yang masih balita kami sempat berbincang.
“mbak tadi di pasar sepi banget loh, katanya kliwonan”
“jumat kliwon ya sepi”
“eh itu kok kalo jumat kliwon anak kecil pada digendongin ke pohon kelapa?”kali ini ibuku yang Tanya.
“kan biar cepet bisa jalan mbak, anak saya aja sama keponakan2 digendongin semua ke pohon kelapa kalo jumat kliwon”
Jujur aja saat mendengar itu saya pengin ketawa Cuma gak enak hati.

Kok bisa ya? Apa hubungannya coba jumat kliwon, digendong di pohon biar cepet jalan. Tampaknya hari ini aku mendapat dua hal baru dalam hidupku.
Harapanku semoga bisa dikurangilah hal-hal seperti itu. Allah menciptakan hari dari ahad sampai sabtu sama saja. Semua haripun penuh berkah jika kita mensyukurinya.
 
ini adalah tulisan saya pada 07 Januari 2011 (jaman SMA) saya re-post karena blog yang dulu ngga bisa dibuka :'(

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.