Membaca itu Sehat!



Membaca itu Sehat!
Manusia modern sekarang siapa yang tak kenal dengan Google. Sebuah mesin pencarian di internet yang diciptakan oleh manusia namun kehebatannnya melebihi otak manusia. Apapun yang kita inginkan ada di situ. Mulai dari tugas sampai kumpulan resep masakan dari seluruh dunia ada. Cukup dengan memasukan kata kuncinya lalu tekan cari, munculah semua yang kita inginkan.
Penggunaan atau pemanfaatan besar-besaran pada internet menyebabkan menurunnya minat membaca buku karena apa yang kita perlukan sudah ada di internet. Tugas-tugas dengan mudahnya terselesaikan tanpa perlu berkutat dengan tumpukan buku dan ratusan lembar kertas.
Membaca buku dianggap membosankan dan kurang praktis. Ada sebuah anekdot yang mengatakan “bacalah buku apabila susah tidur”, memang tidak bisa disalahkan kalimat tersebut. Dalam dunia kesehatan itu dapat dijadikan sarana pengembangan pola tidur sehat. Kebiasaan membaca buku sebelum tidur dapat dijadikan alarm bagi tubuh dan mengirimkan tanda bahwa sudah waktunya tidur.
Bagi orang yang terlalu sibuk dengan kehidupannya sering tidak ada waktu untuk membaca buku. Mereka lebih suka menonton film atau bermain komputer. Padahal dengan membaca kita tidak hanya menambah wawasan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Seperti melatih otak dan pikiran agar selalu menjalankan fungsinya dengan sempurna, mengurangi resiko stres, dan menjauhkan resiko penyakit Alzheimer karena saat membaca otak akan dirangsang.
Dalam dunia Islam, menurut hasil riset dari Universitas Al Azhar bahwa membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan kinerja otak dan mempertajam ingatan sampai 80% karena ada tiga aktivitas yang baik bagi otak yaitu melihat, mendengar dan membaca.
Jadi, membaca buku walaupun sebuah kegiatan yang berat lebih menyehatkan daripada seharian menatap layar monitor walaupun saat memainkan komputer dan membuka internet kita juga melakukan aktivitas membaca.

*padahal yang nulis lebih rajin di depan layar monitor :d

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.